CHATBOX

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

QuickPost Quickpost this image to Myspace, Digg, Facebook, and others!
Get your own Chat Box! Go Large!
Indonesian Radio Online
http://www.focus.co.id/images/yahoo-icon.png

02 Februari, 2009

Logam dan senyawa

Pembuatan beberapa unsure nonlogam dan senyawanya
1.Karbon dan senyawa karbon
Karbon(c)merupakan unsure yang sangat lazim ,dalam sehari-sehari yang kita mengenal beberapa bentuk karbon yaitu:Arang,grafit,dan intan.Bentuk yang berbeda ari unsure yang sama dengan istilah altropi.perbedaan sifat di antara bentuk alotropi tersebut terjadi karena perbedaan strukturnys.Kelimpahan karbon di bumi hanya sekitar 0,08%.Sekitar 50%dari karbon tersebut terdapat karbonat,misalnya kalsium karvon (CaCO3).

2. a.Intan
intan merupakan zat padat yang bening berkilauan dan merupan zat yang paling keras.setiap atom karbon dalam berada di pusat suat tetrahedron dan terikat secara kovalen kepada 4 atom karbon lainnya yang berada di sudut tetrahedron tersebut
penggunaan intan sesuai dengan sifatnya yang keras dan berkilap,intan bubukan di gunakan di gunakan membuat amples untuk memoles benda yang sangat keras,seperti than karat.Intan buatan dibuat dari grafik melalui pemanasan pada sushu sekitar 3.300 0C dan tekanan 125.000 atm.

b.Grafik
Grafik mempunyai struktur yang berbeda lapisan ,dalam satu lapisan setiap lapisan atom karbon terikat secara kopalen kepada 3 atom karbon lainnya,dalam suatu susunan berbentuk heksakonal.Jadi,setiap lapisan adalah satu molekul raksasa.Ikatan anntar lapisan jauh lebih lemah jika di bandingkan dengan ikatan antaratom dalam satu lapisan.

Penggunaan grafik terutama berdasarkan sifatnya yang licin dan kemampuan menghantar listrik.Beberapa penggunaan grafik sebagai berikut :
1.Sebagai anoda dalam batu baterai dan dalam berbagai proses industri yang
menggunakan elektrolisis,misalnya pada peleburan aluminium.
2.Grafik di campur dengan tanah liat untuk membuat pensil,dan bahan kosmetik.
3.bahan pulumas

c.Kabon monoksida(Co)
Karbon monoksida (Co)lebih di kenal karena sifatnya yang beracun dari pada kegunaannya.Gas ini dapat berikat denga haemoglobin dalam darah sehingga menghalangi fungsi utama darah sebagai pengakut oksigen.Gas CO tidak berwarna, tidak berbau,dan tidak berasa.Karbon monoksida di udara berasa dari pembakaran tak sempurna dalammesin kendaraan bermotor dan industri.Udara bersih praktis mengandung CO.

Berikut ini di berikan beberapa penggunaan CO
1.Sebagai reduktor pada pengolahan berbagaijenis logam misalnya be4si.
2.Sebagai bahan baku untuk membuat methanol.
3.Merupakan komponen dari berbagai jenis bahan baker gas,seperti gas air dan gas kokas.
d.Karbon dioksida
Berbeda dengan CO,Gas CO2 tidak beracun.Akan tetapi ,jika kadarnya terlalu besar (10-20%).dapat membuat orang pingsan dan merusak system pernapasan
Karbon dioksida terdapat di udara dengan kadar sekitar 0,035%.juga dalam air.karbon dioksida lebih mudah larut dalam air laut karena air laut seikit bersifat basa,sedangkan CO2 bersifat asam.

Beberapa penggunaan komersial karbon dioksida adalah sebagai berikut.
1.Karbon dioksida padat yang di sebut es kering(dry ice)di gunakan sebagai pendingin,(Karbon dioksida cair hanya terdapat padatekanan lebih besar dari 5,3 atm).

2.Untuk memadamkan kebakaran.Tabung pemadaman kebakaran berisi CO2 cair dengan tekanan sekitar 60 atm.
3.Untuk membuat minuman ringan (soft drink).Minumanseperti air soda,limun,dan lain-lain,mengandung CO2 yang memberi rasa menyegarkan.

Silicon merupakan unsure kedua terbanyak dalam kulit bumi,Unsur ini terdapat dalam bentuk senyawa,sebagai silica dan silikat.Kursa adalah salah satu bentuk kristal Sio¬2 murni,pasir,agata (akik),oniks,opal,ametis,dan flint,merupakan Sio2 dengan suatu bahan pengotor dalam jumlah renik.
Silicon di buat dari silica dengan kokas sebagai reduktor.Campuran silica dan kokas dipanaskan dalam suatu tanur listrik pada suhu sekitar 3,000 0C.
Sio2(l)+C(s) Sio(l) +4HCl(g)
Pembuatan silicon ultra murni di lakukan sebagai berikut .Mula-mula silicon biasa direaksikan dengan klorin sehingga terbentuk silicon tetraklorida(SiC4) suatu zat cair yang mudah menguap (titik didih=58 0C).

Penggunaan penting dari silicon adalah untuk membuat transistor ,chips computer,dan sel surya.Silikon juga di gunakan dalam berbagai jenis aliase dengan besi (baja )
.
Silika dan silikatr digunakan untuk membuat gelas,keramik,porselin,dan,semen.Silika gel,suatu zat padat amorf yang sangat berpori,di buat dengan melepas sebagian air dari asam, silikat (H 2 SiO2 atau SiO.H2O).

Silikon dan silikoner unsur dan senyawa

Silikon adalah unsure dengan lambangan Si.Silikon tergolong metaloid dengan titik leleh (1.410 ¬0C)silicon banyak digunakan dalam membuat transistor ,sel surya, dan chip computer.

Sifat silicone bergantung pada komposisi dasarnya,struktur rantai,serta dimensi molekulnya.Dengan begitu banyak variable, maka silicone dapat di buat dengan sifat-sifat yang beragam.dari yang berbentuk jeli(seperti yang di gunakan sebagai implant dalam benda plastik)

3.Nitrogen dari Senyawa Nitrogen

a.Nitrogen
Gas nitrogen tidak berwarna,tidak berbau,dan tidak berasa.Nitrogen mengebun , pada -195,8 0C dan membeku pada -210 0C. Nitrogen tergolong unsure yang sungksr bereaksi dan hanya bereaksi pada suhu tinggi dengan bantuan katalis.

pembuatan nitrogen
Dalam industri,nitrogen diproleh dari udara,,prosesnya berlangsung dalam dua tahap yaitu;
1.Pencairan udara,dan
2.distilasi bertingkat udara cairan.

Pencairan udara dilakukan setelah melalui penyaringan,udara dikompresi ini menyebabkan suhu pada udara meningkat proses dilanjutkan .Pada tahap air dan karbon dioksida sudah membeku dan dapat dipisahkan.

Pembuatan Nitrogen

1. sebagai besar produksi nitrogen digunakan untuk membut ammonia (NH3)
2. oleh karma sifatnya yang kurang resaktip,nitrogen digunakan untukmembuat atmosfer inert.
3.Nitrogen juga digunakan sebagai atmosfer inert dalam makan kemasan untuk memperpanjang masa penggunaan.
4.Nitrogen cair digunakan sebagai pendingin untuk menciptakan suhu sangat rendah.

b.Amonia

Gas amonia berbau khas dan sangat menyengat.

Pembuatan Amonia
Amonia dibuat dari gas Nitrogen dan hydrogen menurut proses Haber-Bosch.
N2(g) +3H2 (G) 2NH3(g)
Reaksi dilangsungkan pada suhu sekitar 550 Cdan tekanan tinggi (sekitar 3300atm).
Dilaboratorium,ammonia dapat dibuat dari reaksi garam ammonium,seperti NH4Cl atau (NH4)Cl(s)2SO4.dengan basa kuat,separtiNa(OH)2.
Contoh;

2NH4Cl(s) +Ca(OH)2(s) CaCl2 +2NH3(g) +2H2O(l)

Penggunaan Amonia
1.Membuat pupu,mislnya urea {CO(NH2)2},dan ZA {(NH4)2SO4.}
2. Untuk membuat senyawa nitrogen yang lain,seperti asam nitrat (HNO),ammonium klorida.
3. Untuk membuat hidrazin, N2H4.hidrazin sebagai bahan baker roket.

c.Asam Nitrat
Asam Nitrat tergolongasam keras.Asam ini dapat melarutkan hamper semua llogam kecuali;

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar