CHATBOX

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

QuickPost Quickpost this image to Myspace, Digg, Facebook, and others!
Get your own Chat Box! Go Large!
Indonesian Radio Online
http://www.focus.co.id/images/yahoo-icon.png

04 Februari, 2009

Software 2

SOFTWARE KOMPUTER
Pengertian Software (perangkat lunak) Komputer
Nama lain dari Software disebut juga dengan perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Perkembangan Software Komputer
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer di gunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik dan logika. Dari operasi dasar ini di susun program atau perangkat lunak.
Tingkat pemrosesan yang di kerjakan perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang di gabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom.
Data yang di proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit).

Jenis-jenis lisensi software komputer
25 01 2008
Menurut Microsoft dalam “The Hallowen Document”, terdapat beberapa jenis lisensi yang dapat digunakan untuk program komputer. Beberapa jenis lisensi tersebut antara lain adalah:
Lisensi Commercial
adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain sebagainya. Software yang diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan komersial sehingga user yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin penggunaan dari pemegang hak cipta.
Lisensi Trial Software
adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun karena bersifat demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya. Dan biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.
Lisensi Non Commercial Use
biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu dibidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan penggunaan tertentu.
Lisensi Shareware
mengizinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil.
Lisensi Freeware
biasanya ditemui pada software yang bersifat mendukung, memberikan fasilitas tambahan atau memang free/gratis. Contoh yang bersifat mendukung antara lain adalah plug in tambahan yang biasanya menempel pada software induk seperti Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop.
Lisensi Royalty-Free Binaries
serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan suatu software yang berdiri sendiri.
Lisensi Open Source
membebaskan usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja software. Berbagai jenis lisensi open source berkembang sesuai dengan kebutuhan, misalnya GNU/GPL, The FreeBSD, The MPL. Jenis-jenis software yang memakai lisensi ini misalnya Linux, sendmail, apache dan FreeBSD
Ashampoo Music Studio - Software Untuk Menangani Audio
Ashampoo Music Studio, sebuah software untuk menangani audio. Misalnya mengcopy file lagu / Ripping musik dari Audio CD atau membuat disc audio ke CD / DVD bahkan Blu-ray

Fitur dari Ashampoo Music Studio :
Rip musik dari Audio CD
Ashampoo Music Studio memiliki fitur untuk mengatur kecepatan pembaca drive
Walaupun CD-ROM atau DVD-ROM memiliki teknologi tinggi dengan kecepatan membaca media optik, tetapi untuk membaca data pada media CD Audio belum tentu presisi. Kesalahan ketika optical drive membaca media disc bisa terjadi misalnya ketika drive membaca akan terjadi skip atau lompatan dan data lagu bisa saja terputus sesaat atau memiliki banyak jedah karena sensor optic gagal membaca data didalam disc audio. Kesalahan ini terjadi karena optical drive memiliki putaran tinggi, sehingga ketika mengambil potongan lagu selanjutnya terjadi overspeed. Akibatnya suara yang didapat ketika mengambil file dari CD-Audio tidak sempurna. Karena jedah suara dari track lagi kedua ikut masuk didalam suara track pertama.
Untuk menurunkan resiko terjadinya salah baca, maka kecepatan membaca bagi optical drive harus diturunkan. Sehingga yang dicopy atau dipindahkan ke harddisk memiliki kerusakan lebih kecil. Ashampoo Music Studio menyediakan pilihan pintar tersebut, dimana kecepatan tertinggi membaca dari optical drive dapat diturunkan sampai 1X sebagai tingkat terendah.
Burn file ke media disc
Kemampuan Ashampoo Music Studio sudah termasuk fitur software untuk burner. Ashampoo Music Studio memiliki 4 option
pemakai Ashampoo Music Studio dapat membuat semua file lagu untuk diburning kedalam format CD Audio dan jaminan bahwa hasil penulisan akan kompatibel dengan semua player
Pilihan kedua untuk membuat media asli dalam bentuk MP3, tetapi masih dapat diputar ke player baru bahkan jenis drive Blu-ray
Pilihan ketika adalah menulis kedalam file WMA
Untuk fitur penulisan data dari Ashampoo Music Studio ke media disc disediakan format Mix.
Organize Files
Walau fitur ini tidak terlalu berguna, Ashampoo Music menempatkan fungsi software untuk mengatur format ID. Misalnya anda ingin mengelompokan jenis lagu yang telah di rip ke bentuk MP3. Cara ini lebih memudahkan dibandingkan memberikan nama satu persatu, terlebih ketika proses Rip file audio pada computer yang tidak terkoneksi ke Internet.
Modify Files
Didalam optin Modify Files terdapat 4 pilihan
Kemampuan Ashampoo Music Studio dapat mengkonversi file jenis Ogg, Mp3, Wav, WMA dan Flac. Ke 4 format tersebut dapat saling terkonversi atau dengan software Ashampoo Music Studio maka pemakai dapat merubah dari ke 4 format file yang ada. Misalnya pemakai Ashampoo Music Studio dapat mengubah format dari MP3 ke WAV dan sebaliknya.
Bagian paling penting adalah pemilihan untuk mengkonversi format dari Bit Rate MP3 file. Pilihan ketika file ingin dikonversi dari WAV ke Mp3, maka terdapat 4 pilihan standard kualitas suara dari tingkat sekelas Audio CD atau terendah untuk MP3 player. Dan 1 buah option untuk memilih kualitas secara bebas
Untuk pilihan bebas inilah yang sangat berguna karena terdapat sebuah fitur option sangat baik yaitu Variable Bitrate. Fungsi variable Bitrate adalah untuk mengecilkan ukuran file, sehingga besarnya file Mp3 dapat diminimalkan. Pilihan variable Bitrate sangat berguna ketika format lagu yang akan dikonversi memiliki nada rendah, seperti lebih banyak bass dibandingkan suara Treble. Software Ashampoo Music Studio mengubah file musik jenis tersebut, maka hanya akan diambil pada bit terendah tanpa memasukan nada untuk bit tinggi. Hasilnya untuk ukuran file Mp3 akan lebih kecil dengan sedikit penurunan dari kualitas suara.
Ashampoo Music Studio juga menyediakan editor langsung didalam software. Pemakai Ashampoo Music Studio dapat memotong / memecah atau mengabungkan music dari 2 file berbeda atau memisahkan dari 1 album file menjadi beberapa potongan file MP3.

Fitur standard lain adalah menormalize file, berfungsi untuk menyamakan volume suara dari file lagu. Sehingga ketika mendengarkan musik pada player akan terdengar dengan tingkat volume yang sama
Fitur terakhir adalah untuk recording
Fungsi recording disini dapat dimanfaat untuk mengkonversi music dari tape biasa. Misalnya anda ingin merubah lagu dari jenis kaset, cukup mengunakan kabel input ke sound card dan Ashampoo Music Studio akan merekam ke bentuk digital dan langsung ke format yang anda inginkan.
Result
________________________________________
Ashampoo Music Studio adalah sebuah software untuk mengkonversi 4 jenis file audio. Fitur utama dari Ashampoo Music Studio untuk merubah format file berbeda ke format MP3. Kemampuan Ashampoo Music Studio tidak banyak berbeda dengan software sejenis, tetapi memiliki keunggulan dengan fitur perubahan Bit Rate dari musik menjadi Variabel. Fitur ini sangat berguna dan berbeda dibandingkan software sejenis. Dengan mengaktifkan sistem Variable Bit Rate, maka ukuran file dapat saja menjadi lebih kecil tanpa menurunkan banyak kualitas suara. Tambahan pada Ashampoo Music Studio adalah burner software. Mengunakan Ashampoo Music Studio menjadi lebih mudah dengan kemudahan memilih untuk menyimpan file ke dalam disc seperti CD / DVD atau Blu-Ray.

Mengenal Komputer Lebih Dekat Teknologi komputer memberikan pengaruh yang signifikan bagi perkembangan duniakomunikasi. Terlebih lagi, dewasa ini berbagai jenis teknologi telah bermunculan dengan perkembangan performa yanglebih canggih, namun juga dengan harga yang lebih murah. Salah satu wujud teknologi ini disebut denganmicrocomputer atau yang lebih dikenal dengan Personal Computer (PC). Untuk memahami peran dan kegunaan PC,maka perlu terlebih dahulu mengenal bagian-bagian dari PC dan fungsinya: HARDWARE1. MemoriMerupakan sistempenyimpanan internal dan ruang kerja. Memori yang paling penting adalah Random Access Memory (RAM), yangmerupakan tempat penyimpanan sementara. Saat komputer dimatikan, segala program yamg telah dikerjakan, bersihdari memori dan tidak dapat dipanggil kembali (recall), kecuali bila disimpan dalam sistem penyimpanan permanen. PCkontemporer biasanya menggunakan RAM 512 atau lebih megabytes.2. Central Processing Unit (CPU)Merupakan otakdari komputer. CPU menentukan software apa yang bisa dijalankan oleh komputer dan berpengaruh pada kecepatankomputer dalam memproses data.3. Expansion BoardsBeberapa komputer didesain dengan slot (celah) internal yangbisa dimasukkan papan atau kartu tambahan. Kartu-kartu ini memiliki fungsi tambahan untuk menjadi suplemen ataukomplemen bagi kemampuan dasar komputer.4. Data StorageCara penyimpanan data sebelum komputer dimatikanterdiri dari berbagai cara yang berbeda, antara lain bisa menggunakan: floppy, hard, dan removable disk drive. Floppydisk adalah yang pertama kali sering digunakan. Hard drive adalah sistem penyimpanan data yang paling populer dansering digunakan. Ia bisa menyimpan gigabytes data dan memanggil kembali data dalam waktu yang cepat. Removablecartridges mirip dengan floppy disk. Bedanya adalah jumlah data yang dapat disimpan jauh lebih besar dan waktu yangdibutuhkan untuk penyimpanan dan pemanggilan-kembali lebih cepat.5.
MonitorMerupakan komponen untuk tampilankomputer. Standar yang digunakan dalam dunia PC berbeda-beda. Kunci perkembangan dunia PC adalah dalamkecanggihan teknologi tampilan layar. Ukuran monitor, area penglihatan koresponden, dan resolusi (mempengaruhiketajaman gambar) komputer semakin meningkat. Standar dalam industri saat ini adalah sistem dengan 24-bit.Maksudnya adalah tiap warna primer (RGB – Merah, Hijau, Biru) membawa 8 bit informasi. Sistem dengan 24-bitini dapat mengakses jutaan warna. Secara visual, gambar akan tampak lebih jelas dan jernih. Ada kontroversi yangmengiringi penggunaan monitor CRT tradisional, karena alasan kesehatan. Namun hal ini masih diperdebatkan karenadata kurang lengkap. Untuk mencegah, konsumen dapat menggunakan layar tampilan non-emisi. Contohnya adalahlayar LCD, yang lebih ringan, lebih kecil, namun memiliki area penglihatan yang lebih besar. SOFTWARE1. OperatingSystem dan Graphical User InterfacesOperating system adalah bagian terpenting dalam software komputer. Iamemegang fungsi manajemen. Contoh: MS-DOS (untuk teks) dan GUI (untuk grafik). Fasilitas yang ada untuk operasisistem (GUI misalnya): alat penunjuk (mouse), menu pada layar, windows (jendela) yang menampilkan secara grafismengenai apa yang sedang dikerjakan komputer, icon yang merepresentasikan file, direktori, kotak dialog, tombol, dsbyang membantu pengguna menentukan apa yang harus dilakukan komputer.Kerja window bisa lebih dari satu. Windowbisa dipindahkan dan diubah ukurannya. 2. Database dan Spreadsheet ProgramsProgram database membantupengguna dalam pengorganisasian file-file yang disimpan dalam memori permanen. Sekali disimpan, informasi dapatdiorganisir dan dimanipulasi. Database juga dapat mengakomodasi grafik, informasi visual dan tekstual.Programspreadsheet berfungsi sebagai alat pengorganisasian finansial. Data dimasukkan ke dalam tabel, ditabulasi, dandimanipulasi melalui berbagai rumusan matematika dan finansial yang sudah diprogram dalam komputer. Program inijuga dapat menampilkan grafik. 3. Word Processing ProgramsProgram ini dapat digunakan untuk menulis surat, cerita,berita, dsb. Pengguna bisa menciptakan tabel, memanipulasi teks, membuat grafik, file spreadsheet, dsb. Sekalidisimpan, informasi dapat dipanggil kembali oleh komputer dan program lain. Namun, teks yang digaris bawah ataudicetak miring, dan berbagai format lainnya hilang. 4. Web BrowserDengan web browser, pengguna komputer dapatbereksplorasi dan berinteraksi dengan informasi elektronik dan komunikasi universal. 5. ProgrammingLanguagesProgram aplikasi dibuat melalui program bahasa ini. Berfungsi sebagai kontrol bahasa. Program inimenyediakan komputer dengan berbagai instruksi untuk menampilkan berbagai operasi. Contoh: Visual Basic, Ada,Java, Pascal, COBOL, C++.Augusta Ada Byron disebut sebagai orang pertama yang menciptakan pemrogramanbahasa ini. 6. Graphic ProgramsDigunakan untuk menciptakan logo, membuat prediksi, dsb. Sebuah program biasanyadapat mensuport lebih dari satu fungsi.- Paint ProgramsProgram ini membaca dan memanipulasi pixel individual di layar.Pixel dapat berupa warna tertentu dan bisa dikontrol untuk menampilkan efek yang beragam. Paint programmenciptakan grafik bitmap. Bitmap adalah kemampuan komputer untuk memanipulasi pixel individual yang dapatdijadikan grafik. Angka bits mewakili nilai masing-masing pixel. Nilai-nilai tersebut akan diolah dan menciptakan suatugrafik. Pengguna dapat memilih jenis atau bentuk brush (kuas) dan mengontrol palet warna.- Image EditingProgramsFungsi utamanya adalah sebagai editor gambar atau electronic darkroom. Gambar dapat dimanipulasi,termasuk edit warna, alat koreksi, modul lukis, dan kemungkinan penggunaan scanner. Dengan adanya scanner, fotoatau gambar tetap lainnya dapat didigitasi. Dan setelah masuk ke dalam komputer juga dapat dimanipulasi.- DrawingProgramsTidak dapat membaca pixel yang individual. Program ini menciptakan suatu grafik dari rangkaian bentuk atauobjek geometris yang individual yang dapat dimanipulasi dan dipindahkan ke lokasi layar lain. Disimpan secaramatematis, bukan sebagai bitmap.- Computer-Aided Design ProgramsProgram CAD serupa dengan drawing programdalam hal memanipulasi bentuk geometris. Tapi program ini memiliki tambahan yang membuatnya lebih canggih dalamdesain arsitektur dan industri. Ada bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Program ini juga memiliki fitur animasi.- Animationdan 3-Dimensional ProgramsRangkaian gambar yang apabila dilihat secara berkesinambungan akan menciptakan suatugerak tertentu (movement). Program ini juga dapat mempercepat atau memperlambat gerakan animasi untuk transisiatau perubahan yang lebih halus dan untuk meningkatkan tampilan gambar yang lebih nyata. Gambar yang diciptakan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar